Jasa Pembuatan Mesin Industri UKM & Conveyor

Selasa, 29 Desember 2020

CARA MERAWAT MESIN INDUSTRI


Mesin industri yang kita pakai adalah salah satu aset yang harus kita pelihara. Karena aset ini sangat penting dalam produktifitas. bayangkan kalau sampai mesin produksi rusak tentu akan membuat produksi terhambat dan produksi bisa terhenti, Nah hal yang perlu kita perhatikan bagaimana kita merawat mesin-mesin kita agar tetap awet dan dapatberoperasi dengan baik, yuk kita simak tipsnya :

  1. Cara yang pertama yang Kita lakukan,buatlah log book harian terhadap penggunaan mesin sekaligus mengawasi operasinya.Dengan Menggunakan logbook membuat kita dapat memantau aktivitas operasional mesin sehari-hari, mengawasi operasi mesin juga bisa melalui GPS. Perangkat akan melacak gerakan dan mencatatnya dalam catatan digital, dengan demikian masalah dapat diketahui lebih awal dan kerusakan dapat dicegah.
  2. Yang selanjutnya adalah dengan mematuhi jadwal pemeliharaan yang sudah ditentukan, usahakan rutin.Adanya komponen mesin yang tidak berfungsi optimal akibat pemakain memang tidak bisa dihindari. maka dari itu, cobalah mengganti setiap komponen sesuai jadwal yang sudah dibuat dan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengetahuan agar tidak terjadi kekeliruan.
  3.  Frekuensi melumasi dan kebersihan, menjaga kebersihan dan pelumasan itu penting, karena menggunakan alat berat membutuhkan perawatan harian, kontaminasi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan air merupakan sumber utama korosi maka pelumasan adalah upaya untuk mencegah korosi. Jadi, beberapa komponen terutama bagian yang bergerak dalam mesin harus sering dilumasi.lakukan secara berkala dan rutin
  4. Melakukan pemeriksaan dan pemantauan komponen. Pemeriksaan komponen secara visual dan berkesinambungan dapat mencegah kerusakan atau kegagalan pada mesin. Komponen yang harus diganti lebih cepat mungkin menandakan masalah yang lebih besar yang perlu didiagnosis.
  5. Melindungi peralatan selama penyimpanan.Mesin besar harus disimpan dibawah penutup dimanapun yang memungkinkan. Selain itu, mesin motor, turbin, mixer dan peralatan lainnya harus dirotasi sesering mungkin. Periksa karat mesin yang sedang idle, kondensasi dan kontaminasi.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

ALAMAT

ORDER

Nama

Email *

Pesan *

TANYA LEWAT WA

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori Produk

Cari Blog Ini

Blog Archive

SEARCH

Labels

Archive

Theme Support